5 Cara Mengetahui Apakah Akun Kita Diretas Atau Tidak, Ayo Cek Sebelum Terlambat

Di masa yang serba moderen ini, perkembangan teknolog memang sangat membantu dan menjadi kemudahan tersendiri yang mempermudah kegiatan insan dalam melaksanakan aktifitas sehari hari, khusunya dalam bidag pekerjaan dan penyimpanan data serta mendapat informasi.



Salah satu pola yang sangat familiar di telingakita yaitu adanya akun Google yang disediakan oleh perusahaan raksasa asal Amerika tersebut. Seperti diketahui bersama, akun ini hanya cukup dibentuk satu kali cara membuatnya pun sangat mudah. Bayangkan, hanya dengan satu akaun saja, kau bisa melaksanakan jalan masuk dan mendapat pelayanan penuh dari Google dari semua fitur yang ada selama kau mematuhi dan memenuhi peraturan yang berlaku.

Namun, tak jarang, belakangan marak agresi peretasan akun Google oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Para peretas yang mengambil alih akun korbannya itu bukan tanpa sebab. Mereka mengincar informasi penting menyerupai transaksi elektronik serta data penting lainnya.

Parahnya lagi, sebagian korban dari peretasan tersebut tidak sadar telah menjadi korban dari peretasan yang dilakukan oleh hacker. Mereka tak sadar jikalau akun mereka sudah di acak-acak oleh hacker lantaran kemampuan penyembunyian identitas yang sangat rapi, walau memang tak jarang, para hacker juga ada yang mengambil alih akun yang menjadi sasaran mereka secara full alias pengambil alihan akun.

Menurut studi yang dilakukan Check Point, Gooligan biasanya membidik perangkat yang berjalan di Android 4 (Jelly Bean dan Kitkat) dan Android 5 (Lollipop).

Parahnya, sebagaimana dikutip dari CNET, Sabtu (3/12/2016) bisul Gooligan tersebar lewat aplikasi pihak ketiga di toko aplikasi dan sejumlah tautan phising ke pesan singkat untuk mencuri informasi pribadi.

Selain itu, bisul Gooligan akan menciptakan software tools terunduh untuk mencuri token di Google Play, Gmail, Google Drive, dan aktivitas lainnya tanpa sepengetahuan si penggunanya.

Tentu sebagai pengguna perangkat mobile, kita harus selalu waspada dan berhati-hati apabila hal ini terjadi. Namun, untuk memastikannya, kau sanggup mencari tahu sendiri apakah akunmu pernah diretas atau tidak.

Nah, apa saja tanda dan ciri dari akun yang sudah pernah di retas? coba lihat ulasa dibawah ini:

1. Kamu sanggup mengeceknya sendiri di situs Check Point.

Untuk tahap awal, kau bisa melaksanakan pengecekan sendiri ke situs check point disini: https://www.checkpoint.com/ .


2. Masukkan Email Yang Ingin di Cek

Kemudian, masukkan email kau dan sistem akan mengeluarkan hasil apakah akunmu pernah disusupi atau tidak.

3. Pengecekan Harus dengan teliti 

Cek pada postingan blog di situs Check Point untuk mencari tahu daftar aplikasi yang terinfeksi Gooligan. Siapa tahu, aplikasi ini ada di antara aplikasi-aplikasi yang kau pasang.

4. Melakukan Wipe dan clean Install

Jika betul akun kau diretas, jangan panik. Coba untuk wipe akunmu di perangkat Android dan lakukan clean install atau metode menginstal sistem operasi (OS) yang akan menghapus data-data pada partisi yang dijadikan daerah menginstal OS.

5. Rubah Kata Sandi atau Password akun 

Apabila semua langkah diatas sudah berhasil kau lakukan, kini saatnya melaksanakan pencegahan semoga kasus yang menyusahkan ini tidak terulang kembali. Kamu bisa ubah kata sandi akun Google pada perangkat yang kau gunakan, pada pilihan sehabis kau mengubah sandi akun, maka akan kau dapati peringatan untuk mengeluarkan akun kau jikalau pernah di buka di perangkat lain.

Nah, itu tadi yaitu cara mengetahui dan mendeteksi apakah akun kita pernah diretas atau sedang dalam keadaan terinfeksi oleh software atau aplikasi berbahaya. Semoga kau bisa memperoleh hasil optimal ya untuk menjaga akun kamu.

Baca Juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel