Pengertian Organisasi Berdasarkan Para Ahli
Apa itu organisasi? organisasi yaitu sebuah wadah yang didalamnya terdapat dua orang atau lebih yang bekerja sama dalam mencapai tukuan tertentu, Selama masa hidupnya orang lebih banyak berada dalam saling bekerjasama dengan orang lain dari pada menyendiri, insan juga disebut mahluk soial, kenapa mausia disebut mahluk sosial alasannya yaitu insan tidak sanggup hidup sendiri atau selalu bergantung pada insan alin nya.Ssebagian besar tujuan mungkin hanya sanggup terpenuhi apa kalau orang tersebut berintraksi dengan insan lainya.
pengertian Organisasi Adalah suatu sistem yang terdiri dari sub sistem atau bab – bab yang saling berkaitan antara satu sama lain dalam melaksanakan aktifitasnya. Aktivitas ini bukanlah merupakan suatu kegiatan yang hanya sekali saja melainkan kegiatan yang mempunyai pola atau urutan yang dilakukan secara relatif teratur maupun berulang.
Organisasi tidak jarang diartikan sebagai kelompok yang secara bersama – sama. Handoko beropini organisasi sebgai suatu proses perencanaan yang meliputi penyusunan pengembangan dan pemeliharann sutu struktur atau pola relasi kerja dari orang – orang dalam suatu kelompok kerja. Maksudnya adalah, organisasi juga merupakan kumpulan dari peranan, relasi dan tanggung jawab yang terang dan tetap. Sutarto (1998:2) beropini bahwa hamper setiap orang dipengaruhi secara mendalam melalui kelompok. Melibatkan diri dalam beberapa macam kelompok atau organisasi. Melibatkan diri dalam banyak sekali macam beberapa kelompok atau organisasi menempatkan kedudukan penting dari kehidupan banyak orang. Artinya, banyak laba yang sanggup diperoleh dari penyempurnaan relasi antara individu-individu dan kelompok. Sebagai contoh, kesuksesan suatu perjuangan bergantung pada sikap produktifivitas seorang perialaku individu dalam kelompok kerja. termasuk seorang pengusaha wajib member keberhasilan dengan para pelanggan, para pemberi sumber dana , material, satuan organisasi pemerintah dan masyarakat umum.
Antony (1995:1) mendefinisikan bahwa organisasi adalah suatu kelompok insan yang berintraksi melaksanakan banyak sekali kegiatan secara koordinasi untuk mencapai tujuan, dimana intinya individu tidak sanggup mencapai tujuan secara sendiri – sendiri. Artinya tujuan organisasi sanggup mencapai tujuan administrasi yang dilakukan terhadap sejumlah orang sebagai pelaksanaan pekerjaan – pekerjaan organisasi.
Organisasi mendapatkan sumber daya dan menggunakan-Nya secara efesien dan efektif dalam suatu hukum yang telah disepakati bersama, untuk itu perlu adanya penataan pembagian kerja, struktur pola relasi kerja antara kelompok orang-orang yang memegang posisi untuk bekerja sama secara teratur semoga mencapai tujuan tertentu.
Menurut pendapat Sutarto Organisasi adalah proses penggabungan pekerjaan yang para individu atau kelompok yang harus melaksanakan dengan talenta yang diharapkan untuk melaksanakan kiprah sedemikian rupa memperlihatkan susukan terbaik untuk pemakaian yang lebih efesien, sistematis, positif, serta terkoordinasi dari perjuangan yang tersedia.
Jadi organisasi adalah suatu sistem perihal kegiatan kerjasama antara dua individu atau lebih sesuatu yang tak berwujud dan tak bersifat pribadi, sebagian besar mengenai hal hubungan. Hubungan yang dilakukan orang – orang tersebut yaitu keterkaitan dengan kegiatan kerja.
Organisasi adalah suatu bentuk setiap perserikatan insan untuk pencapaian suatu tujuan bersama, organisasi merupakan bagi manajemen. hal tersebut meliputi kewajiban merancang satuan organisasi pejabat yang harus melaksanakan pekerjaan, memilih fungsi – fungsi mereka dan merinci relasi yang harus ada di antara stuan orang. Organisasi termasuk suatu aktivitas, sesungguhnya yaitu cara kerja manajemen.
Berdasarkan beberapa pengertian perihal organisasi yang telah dikemukakan sebelumnya bekerjsama hakekat dari organisasi itu yaitu insan dan kolaborasi dalam suatu struktur organisasi yang membuat pembagian kiprah dan jabatan serta meletakan batas-batas kebebasan seseorang dalam organisasi.
Menurut Handoko (2000:5) menyampaikan bahwa “pengakuan” terhadap pentingnya satuan tenaga kerja dalam suatu organisasi. Hal ini sanggup diartikan bahwa sumberdaya insan merupakan unsure yang vital bagi pencapaian tujuan organisasi, maka pemanfaatan sebagai fungsi dan kegiatan personalia secara efektif dan bijak sanggup mendukung pencapaian tujuan organisasi.