Cara Semoga Komputer Atau Laptop Terhindar Dari Virus

_Virus komputer yaitu ancaman yang terbesar yang di takutkan oleh semua pengguna komputer. sudah banyak tragedi dimana acara badung menciptakan komputer menjadi error, kehilangan data, blue screen, bahkan bisa saja mati total. mungkin ada beberapa pengguna komputer mengalami hal tersebut. dan akibatnya pengguna komputer pun harus menginstall ulang komputernya. Namun, masih saja pengguna komputer merasa khawatir jikalau virus-virus tersebut tiba kembali ke komputer mereka.


Tetapi bagi pengguna komputer gak usah risau dengan problem virus. Di sini saya akan menunjukkan tips mengenai problem virus. tips yang perlu di lakukan pengguna komputer adalah..

  1. Instal Program Antivirus
Meskipun windows sudah menyediakan perangkat keamanan  bawaan windows yang berjulukan Windows Defender atau Windows Security  Essential, saya menganjurkan untuk semua pengguna komputer tetap mengintal Antivirus dari pihak ketiga. Mengapa.....?

Karena berdasarkan sejumlah uji, Windows Defender hanya mempunyai pemberian dari virus yang lemah. Perlindungan yang lemah mengakibatkan tertinggalnya sisa-sisa Malware ketika menjalankan Scanning.
Supaya hal itu tidak terjadi, Installah Antivirus yang gratis dan terpercaya. Jika sahabat pengguna komputer belum tahu merek Antivirus yang mirip itu, Silakan lihat ulasan saya tentang Program Antivirus terbaik untuk komputer.

      2. ESET NOD32 ANTIVIRUS



Berdasarkan percobaan sistem yang di lakukan oleh PC Antivirus, ESET terbukti bisa menangani dominan Malware selama tes berlangsung. Malware yang diujikan pada tes ini mencakup virus, Trojan, Rogueware, Rootkit, Keylogger, Spyware, Adware, dan lain sebagainya.


Meski Eset mampu menangani Malware yang sangat berbahaya, tetapi anehnya Eset tidak menangani Malware yang sederhana, contohnya Adware. Walaupun Adware bukan merupakan Malware yang amat berbahaya bagi kinerja sistem ataupun data pribadi kita, tapi keberadaan Adware sering kali mengganggu kegiatan berselancar didunia maya.

Menurut penguji yang di lakukan Digital Citizen, Eset tidak memasang ekstensi apapun pada browser sehingga perlindungan yang diberikan oleh Eset tidak memandang browser. Namun, semua sobat  pengguna komputer tak pelu khawatir, selama Eset masih terpasang di komputer sahabat semua tetap kondusif dengan pilihan browser yang sahabat pengguna komputer gunakan.

Performa Eset dalam pemberian web juga terbilang sangat bagus. Berdasarkan pengujian yang dilakukan Digital Citizen, Eset juga terbukti melaksanakan blokir pada situs-situs yang mencurigakan.

Masih dalam pengujian yang sama, kali ini Digital Citizen melaksanakan pengujian keamanan yang di berikan Eset ketika perangkat sedang terhubung  dengan media penyimpanan eksternal seperti  USB Hard Drive. ketika USB memori stick yang berisi Malware dihubungkan ke perangkat, Eset mendeteksi dan menanyakan apakah pengguna ingin melaksanakan scan pada memori stick tersebut. dan masih banyak lagi keunggulan yang dimiliki oleh Eset.

    3. Perbarui Windows Secara Berkala

Hal lain yang tak kalah penting untuk mencegah virus komputer yaitu memperbarui Windows anda secara rutin, minimal 3 atau 4 bulan sekali untuk melaksanakan Instalasi ulang. Microsoft secara rutin meningkatkan fitur dan keamanan operasinya. biar anda bisa menikmati peningkatan keamanan tersebut, Update-lah Windows anda berkala.

 
Bagaimana jikalau anda malas atau takut lupa melaksanakan Update.....? Mudah saja, anda tinggal nyalakan saja fitur Auto-Update di Windows Update. Dengan menyalakan Auto-Update, Windows akan memperbarui sistem operasinya setiap kali ada pembaruan dari Microsoft.

     4. Berhati-hatilah Dengan Adware ( Fake Download )

Pernahkah sahabat semua sedang mencari software yang sahabat ingin download. Eh... malah sahabat ngeklik  mirip tombol dibawah ini.



Tapi yang muncul malah popup, mirip ini..

 Asal sahabat tahu, ini yaitu jebakan batman. kenapa saya bilang jebakan batman, sebab ini menipu. Hehehehe.. Soalnya saya juga pernah ngalamin mirip ini. sesudah aku  Download, Eh.. bukannya software yang saya dapat. akan tetapi Adware yang saya dapat.

Adware adalah sebuah acara yang dirancang untuk mengiklankan produk tertentu di komputer pengguna yang dirancang perusahaan tertentu. Guna menyebarluaskan acara ini, si pelaku biasanya mencantolkan acara ini ke tombol Download palsu mirip kasus di atas, di mana ia akan memakai nama yang sama dengan judul postingan sehingga seperti inilah Link Download Software tersebut, padahal bukan.


 Jadi, berhati-hatilah dikala Download Software lewat internet. Pastikan selalu men-Download Software melalui penerbit aslinya.

   5. Instal Chrom, Firefox, atau Edge

Berdasarkan tes yang dilakukan beberapa  Web Otoritas Techradar, TechAdvisor, DigitalTrend, dan Top TenReviews, hanya tiga Browser yang benar-benar lolos dari uji coba keamanan virus: Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Microsoft Edge.


Ketiga Browser tersebut ampuh dalam mencegah Virus untuk masuk kedalam komputer. tidak hanya itu, ketiganya mempunyai fitur Scanning dan Virus Dection untuk berkas-berkas yang sahabat Download dari Internet.


Jadi, pastikan salah satu Browser tersebutlah yang sahabat pakai di komputer sobat.

   6. Aktifkan Fitur Firewall Pada Windows

Sobat pengguna komputer, tentunya sahabat sering mendengar istilah Firewall. Namun apa itu Firewall....? Mengapa harus menyalakan  Firewall...?

Seperti namanya, Firewall di ibaratkan sebuah tembok yang melindungi sahabat dari aneka macam serangan luar yang hendak memasuki jaringan dan komputer sobat. Jaringan lain yang tidak mempunyai izin  akses, lantas berusaha masuk ke komputer ataupun ke jaringan sahabat akan di blokir seketika dan ditolak.
Hal ini penting, jika Firewall dimatikan. maka komputer dan jaringan lain yang terhubung akan gampang masuk dan pastinya ancaman bagi data-data sobat. dan yang paling menakutkan, komputer sahabat bisa terkena virus dan berkas-berkas komputer sahabat bisa hilang.
Pastikan komputer sahabat terlindungi Firewall. untuk mengetahuinya, silakan tekan CTRL+ R pada  Keyboard sobat.

Pada jendela Run akan muncul, dan masukan "Firewall.cpl".

Pastikan "Windows Firewall State" di opsi On. jika sahabat mendapati Off, silakan Switch ke On.



Itulah beberapa tips biar komputer kita terhindar dari serangan virus da malware.
Jika sahabat mempunyai tips yang lain, sanggup sahabat tambahkan ke kolom komentar.

Semoga bermanfaat..
Salam Blogger..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel