Jenis-Jenis Perangkat Keras Komputer

KOMPUTER_Jenis-Jenis Perangkat Keras _Hai sahabat pengguna komputer kali ini saya akan membahas perihal jenis-jenis perangkat keras komputer atau sering juga dikenal dengan istilah Hardware, walaupun terdengar tidak gila lagi bagi sahabat pengguna komputer. Tapi apa salahnya sih saling mengembangkan ilmu pengetahuan perihal dunia komputer. He he he.... Iya gak..! Didalam sebuah komputer ada beberapa komponen yang wajib terpasang, supaya komputer sanggup berjalan tanpa masalah.

Selain perangkat keras ( Hardware ), komputer juga memerlukan dua unsur lagi yang wajib dipenuhi supaya komputer sanggup beroprasi atau bekerja dengan baik. Diantara unsur tersebut yaitu perangkat lunak ( software ) dan si pengguna komputer sendiri ( brainware ). Ketiga unsur tersebut saling berkaitan satu sama lain, sehingga menghasilkan kesatuan gagasan atau pokok pikiran yang di ungkapkan dalam tiga penggalan yang saling terhubung. Dan sering juga disebut sebagai Trilogi komputer.



Pengertian Perangkat Keras ( Hardware ) adalah Komponen komputer yang memiliki setruktur fisik, terlihat, berwujud, dan sanggup bisa kita pegang sehingga membentuk suatu kinerja sistem komputer.

Fungsi Perangkat Keras ( Hardware ) yaitu untuk  menunjukkan masukan ( Input ), mengolah ( memproses ), menyimpan dan menampilkan keluaran ( Output ) yang dipakai sistem untuk menjalankan perintah yang telah di program. Contoh kecilnya saja seperti  Keyboard, Mouse, dan lain sebagainya. Selain itu juga perangkat keras meliputi semua komponen Internal komputer.


                                     JENIS-JENIS PERANGKAT KERAS KOMPUTER

Secara umum perangkat keras komputer dibagi menjadi 4 bagian, ke 4 penggalan itu yaitu :

1. Input Device : Perangkat masukan pada komputer.
2. Process Device : Perangkat untuk mengolah atau memproses pada komputer.
3. Output Device : Perangkat keluaran pada komputer.
4. Storage Device : Perangkat untuk menyimpan data pada komputer.

Didalam ke 4 penggalan itu, Saya akan jelaskan satu per satu dan contoh-contoh perangkat yang ada didalamnya, antara lain :

1. Input Device


Input Device yaitu Perangkat keras pada komputer yang berfungsi untuk memasukan data atau perintah kedalam komputer berupa teks, gambar dan program, yang diproses sehingga menghasilkan suatu informasi. Input Device merupakan penggalan dari sistem komputer yang saling terhubung satu sama lain. Sehingga adanya Input Device komputer akan sanggup di oprasikan dengan baik sesuai keinginan.

Contoh-contoh perangkat keras yang termasuk Input Device yaitu sebagai berikut :

A. Keyboard



Pengertian Keyboard yaitu Sebagai salah satu perangkat Input komputer, dimana Keyboard berisi susunan Huruf, Angka, dan fungsi tombol yang lainnya. Meskipun bukan satu-satunya perangkat Input pada komputer, kiprah Keyboard sangatlah penting sebab sebagian perintah yang berupa teks dan perintah lainnya yang dimasukan kedalam sistem komputer melalui Keyboard. Istilah Keyboard ketika ini juga tidak hanya mengacu pada papan ketik komputer, melainkan juga mengacu pada Keyboard Laptop dan Handphone. Huruf yang tersusun pada setiap Keyboard selalu sama yakni dalam susunan tombol Qwerty.

Fungsi Keyboard yaitu Untuk memasukan Data atau perintah ke komputer berupa Huruf, Angka dan simbol yang diketikan pada Keyboard.
 
B. Mouse



Pengertian Mouse yaitu Perangkat keras ( Hadware ) komputer yang mendapatkan Input berupa gerakan, tekanan tombol ( Klick ), dan menggulung kedepan dan kebelakang ( Scroll ) yang sanggup dipakai untuk menentukan Folder, File, Teks, dan Ikon pada komputer.

Fungsi Mouse yaitu Sebagai peranti penunjuk ( Pointer Device ), yakni untuk menggerakan Pointer pada layar monitor baik itu PC maupun Laptop.
Selain peranti penunjuk ( Pointer Device ), Mouse juga banyak fungsinya antara lain..

1. Untuk mengeksekusi suatu program
2. Untuk menentukan Objek
3. Melakukan Drag dan Drop
4. Mendapatkan Informasi melalui Hover Mouse

C. Scanner




Pengertian Scanner yaitu Perangkat masukan ( Input Device ) pada komputer, merupakan alat Elektronik yang berfungsi untuk menduplikat Objek layaknya menyerupai mesin fotokopy tetapi dalam  bentuk Digital. Scanner sanggup menduplikat Objek tersebut memakai Sensor Cahaya yang terdapat didalamnya. Sensor yang terdapat pada Scanner tersebut mendeteksi Struktur, Tulisan, dan Gambar dari Objek yang di Scan kemudian dikirimkan ke dalam bentuk Digital.

Kaprikornus fungsi Scanner yaitu Menduplikat Hard-Copy menyerupai kertas, makalah, maupun foto dalam bentuk Digital ke komputer.

D. Joystick




Pengertian Joystick yaitu Perangkat masukan ( Input Device ) pada komputer, yang nampak menyerupai Tuas Transmisi manual pada mobil. yang sanggup bergerak ke banyak sekali arah. Joystick sanggup Mentransmisi arah sebesar 2 atau 3 Dimensi pada komputer. Perangkat ini sendiri dipakai sebagai komplemen untuk memainkan game.
   
Joystick sendiri mempunyai banyak fungsi di antaranya..
- Pelengkap untuk memainkan sebuah game yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
- Dapat di Implementasikan pada dingklik roda bermotor dan juga Truk.

E. Trackball



Pengertian Trackball yaitu Peranti penunjuk ( Pointing Device ) yang terdiri dari bola yang berada disebuah alat yang mempunyai sensor gerak  untuk mendeteksi rotasi bola disekitar alat tersebut.

Trackball mempunyai fungsi yang sama dengan mouse, yaitu untuk menggerakan kursor pada layar monitor komputer. Bedanya, Jika ingin menggerakan pointer mouse pada layar monitor komputer diharapkan pergeseran mouse penuh pada permukaan mouse pad. Sementara pada Trackball dengan cara menggulir bola memakai jari tangan dengan arah yang tidak dibatasi, sesuai kehendak si penggunanya sendiri. Trackball biasanya dipakai pada komputer/Laptop sebab sanggup menghemat ruang gerak.

Prinsip kerja Trackball hampir sama dengan Mouse. Perbedaannya terletak pada konfigurasinya. Pada Mouse, Operator harus menggerakan seluruh tubuh dari Mouse tersebut. Sedangkan pada Trackball, tubuh dari Trackball tetap diam, tetapi jari Operatorlah yang menggerakan bola untuk menandakan perpindahan kursor pada layar monitor komputer.

E. PC Camera ( WebCam )




WebCam atau Camera Web  yaitu perangkat Input komputer, yaitu camera yang bersifat Real-Time ( waktu bergotong-royong pada ketika itu juga ) yang dipakai untuk memudahkan kita dalam melaksanakan pesan cepat menyerupai Chat melalui Vidio ataupun bertatap muka secara pribadi ( Vidio Call ). WebCam juga mempunyai fungsi lain yaitu mentransfer sebuah media secara Live ( pribadi ). Namun kebanyakan pengguna yang memakai peranti ini hanya untuk Chat Vidio dan Vidio Call.
 
2. Process Device


Process Device yaitu Perangkat keras ( Hardware ) pada komputer yang berfungsi Sebagai pemroses dan pengolah data yang dimasukan melalui Input Device kemudian dikeluarkan melalui Output Device dalam bentuk Informasi sehingga akan diterima oleh Brainware ( Si pengguna komputer ).

Contoh-contoh perangkat keras yang termasuk Process Device yaitu sebagai berikut.

A. Processor




Processor yaitu Perangkat keras yang menjadi otak yang paling utama pada komputer, yang berfungsi untuk menjalankan PC/. jadi tanpa processor komputer tidak bisa di jalankan.

Processor sering juga disebut sebagai sentra pengendali komputer yang didukung komponen lainnya. Processor merupakan suatu IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer, dan dipakai sebagai pusat/otak komputer yang berfungsi untuk melaksanakan perhitungan dan menjalankan tugas.

Processor sendiri terletak pada socket yang berada pada motherboard. untuk menentukan processor harus diubahsuaikan dengan jenis socket dari motherboard. contoh, untuk processor jasus ada socket LGA maka cari  motherboard  dengan socket LGA  dan ada processor AMD maka harus diubahsuaikan juga.

Merk processor pun banyak sekali jenisnya yang beredar dipasaran di antaranya Intel, AMD,Apple, Cyrix VIA, dan IDT. ada dua nama perusahaan yang sangat populer di dunia sebagai pengembang processor untuk PC yaitu AMD dan Intel.

Processor juga mempunyai kiprah untuk pemrosesan data kepada seluruh komponen komputer, dan ini dilakukan dalam kecepatan tinggi. oleh sebab itu processor menjadi sangat panas, sehingga membutuhkan kipas untuk pendingin.

B. Memory ( RAM )



RAM ( Random Access Memory ) yaitu Perangkat keras pada komputer yang sanggup mengakses memory secara acak dengan cepat. Terkadang RAM juga disebut sebagai memory uatama dalam sebuah perangkat.
   
Fungsi-fungsi RAM ( Random Access Memory ) yaitu sebagai berikut.

- Sebagai penyimpan Data sementara ketika suatu acara sedang dijalankan.
- Membantu penggunaan  Multitasking dalam komputer.
- Mempercepat kinerja pemrosesan Informasi dari komputer.
- Memiliki fungsi yang sangat penting, untuk Gaming dan Design.
- Menentukan Spesifikasi dari suatu komputer.

C. ROM




ROM ( Read Only Memory ) yaitu Perangkat keras pada komputer yang berupa Chip Memory Semikonduktor yang isinya hanya bisa dibaca. ROM ini mempunyai sifat permanen, yang artinya Program atau Data yang disimpan didalam ROM tidak gampang hilang ataupun berubah-ubah walau ajaran listrik sudah dimatikan.
Fungsi ROM ( Read Only Memory ) yaitu Sebagai media penyimpanan Firmware, yaitu Software (Perangkat lunak) yang berafiliasi dengan Hardware (Perangkat keras).

D. Motherboard




Motherboard yaitu Hardware atau perangkat keras pada komputer, Sering juga disebut sebagai papan induk berupa PCB ( Printed Circuit Board ) yang mempunyai Chipset Bios ( Program aktivis ) jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung kanal masing-masing perangkat.

Fungsi Motherboard yaitu Sebagai sentra penghubung antara perangkat keras yang satu dengan perangkat keras yang lainnya. Artinya, Motherboard disini mengemban kiprah untuk menghubungkan bahasa arahan antar perangkat keras untuk disinergikan menjadi sebuah acara kerja perangkat komputer. Sebagai contoh, Motherboard berfungsi menghubungkan beberapa perangkat keras. menyerupai Prosessor, RAM, VGA Card, Harddisk, Power Supply, dan perangkat pendukung lainnya.
 
E. VGA Card




VGA Card merupakan perangkat keras komputer yang berperan untuk memproses Informasi Grafis pada komputer, Sehingga bisa menghasilkan tampilan pada layar komputer. Pada umumnya komputer mempunyai VGA Card yang telah Terintegrasi atau tertanam pada Motherboard atau CPU. VGA Card yang tertanam pada Motherboard biasa disebut dengan On-board Vidio. Sedangkan untuk VGA Card yang tertanam pada CPU disebut dengan Accelerated Processing Unit ( APUS ).

Fungsi VGA Card yaitu untuk memproses atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan Grafis pada layar monitor. Kartu VGA ( Vidio Graphic Adapter ) berkhasiat untuk memproses Output komputer ke monitor. VGA Card juga sering dipakai untuk menggambar,Design Graphic, dan juga dipakai untuk bermain Game.
 
F. Power Supply




Power Supply atau PSU yaitu Salah satu komponen dari komputer yang menunjukkan arus listrik kepada komponen-komponen komputer lainnya yang telah terpasang pada motherboard atau papan  induk komputer. Dimana arus lstrik yang dihasilkan merupakan arus AC ( arus bolak-balik ), dan selanjutnya akan dirubah menjadi arus DC ( arus searah ) oleh power supply. sebab intinya semua komponen yang terdapat pada perangkat komputer hanya bisa melaksanakan pergerakan pada satu ajaran listrik. Sedangkan tujuannya adalah  semoga perangkat atau komponen-komponen komputer  lainnya bisa berfungsi dengan semestinya.
 
3. Output Device


Output Device yaitu Perangkat keras pada komputer yang berfungsi untuk mmengeluarkan hasil pemrosesan atau pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang sanggup dibaca,dilihat, dan didengar oleh si pengguna komputer ( Brainware ). Hasil pemrosesan tersebut sanggup digolongkan menjadi 4 bentuk, yaitu Tulisan, Gambar, Suara, dan bentuk lain yang sanggup dibaca oleh mesin ( Machine-readable Form ).

Contoh-contoh perangkat keras yang termasuk Output Device yaitu sebagai berikut.

A. Monitor



Monitor yaitu Perangkat keras komputer yang dipakai untuk alat Output ( keluaran ) pemrosesan atau pengolahan data yang ditampilkan dalam bentuk Grafis, monitor umumnya sering disebut juga sebagai layar komputer.

Fungsi Monitor yaitu Sebagai alat Output ( keluaran ) pemrosesan atau pengolahan data-data berupa biner. Dan untuk menampilkan data-data berupa Grafis, supaya si pengguna komputer mengetahui apa yang sedang di oprasikan.

B. Printer



Printer brasal dari kata print ( cetak ), dengan demikian printer yaitu sebuah alat untuk mencetak. Dalam dunia komputer, printer termasuk perangkat peripheral output yang menyajikan representasi goresan pena atau grafis pada sebuah kertas atau media semacamnya.

Fungsi printer yaitu untuk mencetak. Mencetak brarti menciptakan goresan pena atau gambar dari klise pada kertas dengan melumas klise itu dengan tinta kemudian ditekan pada kertas sehingga menampilkan hasil cetakan apa yang dicetak si pengguna komputer. Contohnya menyerupai tulisan,gambar, dan grafik dalam kertas.

C. Proyektor




Proyektor yaitu perangkat keras yang pada umumnya di gunakan untuk menampilkan Data,Video atau memproyeksikan Gambar menjadi lebih besar. Kebanyakan proyektor diarahkan pada dinding, layar, dan bidang yang sejajar atau horizontal.

Fungsi proyektor yaitu alat untuk menampilkan video, gambar atau data menjadi lebih besar,dari komputer pada sebuah layar atau sesuatu permukaan yang datar, menyerupai dinding atau layar.

D. Speaker




Speaker yaitu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk mengubah gelombang listrik. Dari hasil pemrosesan oleh CPU berupa Audio/Suara.

4. Storage Device




Storage Device pada sistem komputer atau sering juga disebut sebagai Secondary Storage yang berfungsi untuk menyimpan data dalam sebuah komputer. Contohnya, Hard Disk, FlashDisk,Compact Disk (CD ROM) dan lain sebagainya yang berfungsi sebagai penyimpan data.

Demikianlah klarifikasi dari saya perihal jenis-jenis perangkat keras komputer, Semoga menambah pengetahuan perihal dunia komputer bagi sahabat semua. Semoga bermanfaat..?
Salam Sobat Blogger...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel