Ide Orang Lain Untuk Bisnis Pribadi
Salah satu cara menciptakan konsep bisnis yang sukses ialah dengan mencuri ide dari daerah lain. Jangan khawatir, bekerjsama Anda tidak mencuri apapun. Dalam bisnis, mengambil ide orang lain biasanya disebut "best practice sharing" atau "benchmarking". Para pebisnis selalu melakukannya, menggandakan yang terbaik dari yang dilakukan oleh orang lain, namun berusaha untuk melakukannya dengan lebih baik lagi.
Salah satu cara mencuri tanpa disadari oleh orang lain ialah dengan melihat ke luar negeri untuk mencari inspirasi. Temukan ide yang berhasil di negara lain, dan pindahkan ide tersebut ke dalam negeri. Para wirausahawan membentuk jaringan Coffee Republic di Inggris sehabis melihat kedai kopi kelas atas di New York City. Dan perusahaan e-commerce Cina Alibaba mengambil ide dari eBay Amerika dalam membangun situs lelang mereka sendiri, Taobao.
Atau, dengan logika terbalik, mungkinkah ada peluang mengekspor produk atau jasa dari dalam negeri ke luar negeri?
Beberapa wirausahawan dapat eksklusif menjalankan ide yang tidak dapat atau tidak akan direspons oleh perusahaan besar. Perusahaan besar biasanya menganggap beberapa ide terlalu berisiko atau mengandung banyak ketidakpastian. Atau perusahaan besar mungkin melihat bahwa pasar yang ada tidak cukup besar untuk dimasuki. Sesuatu yang terlalu kecil bagi perusahaan besar mungkin masih cukup besar untuk Anda. Lihatlah ide-ide yang ditolak oleh perusahaan besar atau gagal dilakukan oleh perusahaan besar di bidang yang Anda geluti. Mungkin Anda dapat menjalankan ide tersebut dalam skala tertentu.
Tidak duduk kasus kalau Anda tidak mengetahui apapun mengenai makanan bayi atau rancangan busana muslim. Anda selalu dapat berguru atau menemukan seseorang yang mengetahui hal tersebut. Selama Anda memunculkan sebuah konsep yang menciptakan Anda bersemangat, itu sudah cukup untuk ketika ini.
Sumber: Kompas
Salah satu cara mencuri tanpa disadari oleh orang lain ialah dengan melihat ke luar negeri untuk mencari inspirasi. Temukan ide yang berhasil di negara lain, dan pindahkan ide tersebut ke dalam negeri. Para wirausahawan membentuk jaringan Coffee Republic di Inggris sehabis melihat kedai kopi kelas atas di New York City. Dan perusahaan e-commerce Cina Alibaba mengambil ide dari eBay Amerika dalam membangun situs lelang mereka sendiri, Taobao.
Atau, dengan logika terbalik, mungkinkah ada peluang mengekspor produk atau jasa dari dalam negeri ke luar negeri?
Beberapa wirausahawan dapat eksklusif menjalankan ide yang tidak dapat atau tidak akan direspons oleh perusahaan besar. Perusahaan besar biasanya menganggap beberapa ide terlalu berisiko atau mengandung banyak ketidakpastian. Atau perusahaan besar mungkin melihat bahwa pasar yang ada tidak cukup besar untuk dimasuki. Sesuatu yang terlalu kecil bagi perusahaan besar mungkin masih cukup besar untuk Anda. Lihatlah ide-ide yang ditolak oleh perusahaan besar atau gagal dilakukan oleh perusahaan besar di bidang yang Anda geluti. Mungkin Anda dapat menjalankan ide tersebut dalam skala tertentu.
Tidak duduk kasus kalau Anda tidak mengetahui apapun mengenai makanan bayi atau rancangan busana muslim. Anda selalu dapat berguru atau menemukan seseorang yang mengetahui hal tersebut. Selama Anda memunculkan sebuah konsep yang menciptakan Anda bersemangat, itu sudah cukup untuk ketika ini.
Sumber: Kompas