Cara Mengetahui Kerusakan Pada Motor Injeksi
Apakah fungsi lampu indikator pada motor injeksi, apakah ada pengaruhnya pada atas kerusakan motor injeksi anda.
Kedipan lampu indikator atau MIL (Malfunction Indicator Light) pada motor injeksi dapat menjadi tanda adanya kerusakan pada motor injeksi anda menyerupai lampu indikator pada speedometer yang berkedip terus menerus, ada kemungkinan terjadi kerusakan sensor pada motor injeksi anda.
Sepeda motor berteknologi injeksi dilengkapi dengan lampu indikator pada panel speedometer atau MIL (Malfunction Indicator Light) berfungsi sebagai pemberitahu kondisi mesin, khususnya sensor-sensor pada sepeda motor,hal ini akan mempermudah kita untuk mengetahui kerusakan pada motor injeksi anda
Untuk mengetahui kerusakan yang terjadi, Anda dapat melaksanakan penghitungan pada jumlah kedipan yang muncul.
Kedipan lampu indikator pada speedomater terdiri atas satuan dan puluhan. Untuk satuan lampu berkedip antara 0,3 atau 0,4 detik. Sedangkan puluhan ditandai dengan kedipan lebih usang adalah 1.3, Jumlah kedipan ini nantinya akan membentuk arahan yang merepresentasikan kerusakan. Untuk mengetahui kerusakan pada motor injeksi anda, anda dapat memperhatikan atau menghitung berapa jumlah kedipan di lampu indikator motor injeksi anda, adalah pada dikala anda mau menghidupkan motor dengan menggeser kunci kontak dari Off ke On di sini anda dapat mulai menghitung berapa kedipan pada lampu indikator pada panel speedmater motor injeksi anda.
Di bawah ini daftar jumlah kedipan dan kerusakan yang terjadi pada motor injeksi anda:
Tabel Kerusakan Motor Injeksi Berdasarkan Lampu Indikator
Jumlah Kedipan | Jenis Kerusakan |
---|---|
1 kedipan | Kode ini memastikan motor Anda mengalami kerusakan pada Manifold Absolute Pressure (MAP) yang mendeteksi tingkat kevakuman pada intake manifold. |
7 kedipan | Apabila arahan ini muncul, Engine Oli Temperatura atau Engine Coolent Temperature mengalami gangguan. Gangguan ini menyebabkan sistem pembakaran tidak dapat bekerja secara maksimal yang berimbas pada pemborosan materi bakar. |
8 kedipan | Kode ini mengatakan terjadinya gangguan pada sensor Throttle Position. Kerusakan pada sensor tersebut menyebabkan pemborosan materi bakar dan sulit starter. |
9 kedipan | Dipastikan Intake Air Temperature Anda mengalami gangguan. IAT sendiri bekerja dengan cara mendeteksi suhu udara yang melewati throttle body, kemudian mengubah suhu menjadi sinyal listrik yang dikirim ke ECU. Dengan adanya sensor IAT, jumlah materi bakar yang diinjeksikan akan selalu pada tingkat yang optimal. |
12 kedipan | Kode ini mengatakan Injector sepeda motor Anda mengalami masalah. Gangguan ini biasanya menyebabkan motor tak dapat dinyalakan. |
21 kedipan | Gangguan sensor O2 akan diproyeksikan melalui arahan ini. Sensor ini sendiri befungsi untuk mendeteksi gas buang terhadap gas-gas beracun dan kondisi pembakaran mesin. |
29 kedipan | Idle Air Control Valve merupakan komponen yang membantu dalam penyalaan mesin. Apabila arahan ini muncul, dipastikan IACV Anda mengalami gangguan. |
33 kedipan | Apabila Anda mengalami arahan ini, dipastikan sepeda motor Anda tidak akan dapat menayala. Pasalnya arahan ini mengindikasi bahwa terjadi gangguan pada ECM (Engine Control Module) yang merupakan otak dari seluruh pengaturan sistem injeksi. |
54 kedipan | Kode ini mengatakan terjadi kerusakan pada sensor Bank Angle. Sensor ini berfungsi mematikan tenaga ketika mesin mengalami kemiringan mencapai 60 derajat. |
Jumlah kedipan yang terjadi karna adanya kerusakan pada motor injeksi anda, yang saya rangkum dari situs informasi viva hal ini di dasarkan pada arahan standar (lampu indikator) Honda namun hal ini mungkin berlaku untuk kendaraan bermotor selain dari Honda.